Jumat, 18 Februari 2011

“ MEMBUKA DUNIA DARI DAERAH TERPENCIL ”

PUSKESMAS SEBANGAU
Perjalanan atas sebuah Pengabdian dari Daerah Terpencil yang merambah Dunia Maya

Puskesmas Sebangau merupakan salah satu Pusat Pelayanan Kesehatan di Wilayah Kabupaten Pulang Pisau (Provinsi Kalimantan Tengah), yang mempunyai area tugas di Kecamatan Sebangau Kuala.

Secara kasat mata (apabila kita melihat dari Peta), Puskesmas Sebangau tidaklah terlalu jauh dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Pulang Pisau. Namun secara aksesibilitas, untuk mencapai Puskesmas Sebangau, kita “dipaksa” harus bertempur melawan Jalan yang kondisinya masih memprihatinkan (sebagian besar masih jalan tanah yang berlumpur jika musim hujan) plus jalur sungai menyusuri Sungai Sebangau yang membentang dari wilayah Kota Palangka Raya hingga Muara Sungai di Ujung Selatan Pulau Kalimantan. Secara ringkas, Orbitasi ibukota kecamatan Sebangau Kuala di Sebangau Permai terhadap ibukota Propinsi sejauh 120 km, ke ibukota Kabupaten 90 km, dan dengan desa terjauh 100 km.

Beruntung saat ini Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau sudah mulai membenahi Jalan akses dari dari Desa Mintin dan Desa Gohong menuju Kecamatan Sebangau Kuala. Dan jika Pembangunan Jembatan, yang melintasi Sungai Sebangau yang saat ini sedang dikerjakan, selesai dikerjakan, maka jarak tempuh yang semula memakan waktu 3 jam (dalam kondisi jalan normal, tanpa hujan) akan dipersingkat menjadi 1,5 jam saja.

Puskesmas Sebangau, yang sebagian kawasan wilayahnya merupakan Kawasan Hutan Taman Nasional Sebangau, merupakan satu-satunya Pusat Layanan Kesehatan “terlengkap” di wilayah Kecamatan Sebangau Kuala yang melayani 8 Desa dan 9.000 lebih penduduknya.

Satu hal yang sangat menarik, untuk mencapai desa-desa yang berada di wilayah Kecamatan Sebangau Kuala ini, para petugas Kesehatan harus ekstra kerja keras, lebih-lebih jika musim hujan, karena sebagian besar jalan masih jalan perkerasan (Jalan Tanah yang berdebu jika musim kemarau, dan berlumpur jika musim hujan), bahkan ada 4 Desa yang harus dicapai melalui jalur sungai menggunakan Speedboat atau perahu bermotor (Klotok).

Tantangan terberat yang dihadapi, para Pahlawan Kesehatan ini adalah jika ada Pasien yang harus dilayani pada malam hari saat hari hujan atau jika ada Pasien yang harus dirujuk ke Rumah Sakit terdekat (Palangka Raya atau Pulang Pisau) pada malam hari. Namun semua tantangan itu semua dapat dilalui dengan semangat pengabdian yang tinggi terhadap tugas dan tanggung jawab serta pada masyarakat.

Selain itu, kondisi geografis ke arah daratan vegetasi wilayahnya masih berupa hutan kayu galam dan tanaman rasau dengan ekosistem tanah gambut, sementara ke arah laut berupa hutan nipah dan bakau dengan ekosistem pasang-surut. Dengan ciri khas daerah gambut, tanahnya ber-pH rendah (asam) sementara air sungai berwarna merah kehitaman. Karena intrusi air laut, air yang diperoleh dari sumur/sumur bor terasa asin. Untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat cenderung memanfaatkan air sungai secara langsung atau menggunakan air hujan.
Masih banyak tantangan yang mereka hadapi ditengah segala keterbatasan tersebut, namun 20 orang Tenaga Kesehatan ini tetap dapat bekerja keras, mengabdikan diri untuk melayani masyarakat.

Berbekal semangat besar yang mereka miliki, Pimpinan Puskesmas Sebangau (Bapak Marjani, SKM) membentuk Tim Kecil untuk membawa misi memperkenalkan eksistensi Puskesmas Sebangau kepada Masyarakat luas melalui jejaring internet. Akhirnya, Tim kecil yang dibentuk ini mulai bekerja membuat sebuah “Rumah Kecil” di dunia maya berbentuk Blog (www.pkmsebangau.blogspot.com) dengan didukung oleh Tim Kreatif PINASTI CYBER MULTIMEDIA sebagai Tim Desain Kreatif. Sedangkan untuk komunikasi pertemanan, Tim ini telah mulai aktif di jejaring Facebook dengan nama laman “PUSKESMAS SEBANGAU”.

Dari tengah rimba Sebangau (yang mulai tercukur) yang masih terpencil dan fasilitas yang masih terbatas, mereka telah mampu untuk tetap eksis di lingkungan mereka sendiri, mereka masih dapat tetap eksis dalam globalisasi teknologi informasi dan yang paling penting....., mereka telah berhasil membuka mata dunia walaupun dengan segala keterbatasan yang ada. From Zero to Hero, inilah gelar yang layak bagi mereka...., para Tenaga Kesehatan Puskesmas Sebangau. SALUT !!!!


Sebangau Kuala, Februari 2011

PIMPINAN PUSKESMAS SEBANGAU
KECAMATAN SEBANGAU KUALA,


MARJANI, SKM

1 komentar:

Silahkan, tinggalkan komentar anda disini...